Mau Cari Apa Bossqu ?? Ketik Di sini Aja

Selasa, 07 Juli 2020

Hal - Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Kemasan Produk

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Pengertian, Fungsi dan Harga Cetak Kemasan Produk yang harus diketahui dalam membuat sebuah kemasan produk. Kemasan produk adalah sebuah wadah tempat memyimpan dan mengamankan isi produk dalam terdapat di dalamnya.  Kemasan produk berfungsi untuk melindungi produk dari benturan dan cuaca serta hal lainnya. Kesalahan dalam menentukan Ukuran, Jumlah, Bahan serta Desain juga akan menimbulkan ongkos produksi yang tidak sedikit.

Baca : Cetak Kemasan Produk Full Print





PRIMAGRAPHIA JATINEGARA


Pada artikel kali ini, kita akan membahas Hal - Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Kemasan Produk. Sering sekali pelaku bisnis bingung dan kurang memperhatikan kelengkapan dari sebuah Cara Membuat Kemasan Produk, sehingga pembeli tidak begitu respek melihat produk yang ditawarkan.

Kemasan produk itu banyak macam atau jenisnya. Ada kemasan produk makanan, kemasan produk minuman, kemasan produk barang atau jasa. Tapi  pada dasarnya, kemasan produk makanan dan minuman lebih kompleks daripada kemasan produk biasa, sebab kemasan produk makanan dan minuman memiliki tanggal kadaluarsa, ijin - ijin tertentu serta label haram yang kemungkinan besar tidak diperlukan oleh kemasan produk barang yang biasa.




Kemasan Berdasarkan Frekuensi Pemakaian 

Dapat dibedakan aatas : 
  1. Kemasan Sekali Pakai
    • Kemasan jenis ini adalah kemasan yang setelah dipakai langsung dibuang
    • Misalnya : Kemasan permen, Kotak Makanan Siap Saji, Makanan Kaleng, Plastik Roti dan lain sebagainya 
  2. Kemasan yang Dipakai Berulang
    • Kemasan ini adalah kemasan yang bisa di refil atau diisi ulang 
    • Misalnya : Botol Kecap, Botol Susu 
  3. Kemasan yang Serba Guna
    • Kemasan ini sengaja dibuat agar dapat digunakan lagi oleh si pembeli 
    • Misalnya : Ember ayam KFC, Botol Air Mineral, Roti kaleng dan lain sebagainya.


CETAK STICKER LABEL KEMASAN



Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Sebelum melakukan desain kemasan, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, yaitu :

  1. Kesesuaian kateristik kemasan dengan sifat dan kebutuhan dari isi produk yang ada di dalam kemasan. Jangan sampai menyimpang dari kateristik produk yang dikemas. Misalnya untuk selai kemaslah dalam wadah stoples atau plastik, jangan dipaksakan dikemas dalam kotak.
  2. Kemudahan dalam segala hal, sehingga tidak menyulitkan si pengguna produk. Misalnya mudah dibawa, mudah dibuka-tutup, mudah dituang, mudah digunakan dan dipahami, mudah dalam pengangkutan dan delivery. Semakin banyak kemudahan yang ditawarkan, maka semakin tinggi kesempatan dari pembeli melakukan pembelian ulang atau meraup pembeli baru 
  3. Mudah dikenali tergantung dalam mengemas produknya. Dalam hal ini desain kemasan yang dibuat harus unik daripada kemasan pesaing. Sehingga pembeli tidak akan lupa akan produk yang dicari. Untuk produk yang sudah punya nama biasanya mereka memiliki tanda khusus yang mudah dikenali oleh customernya, sekalipun ada produk baru, customer dapat mengenalinya dengan baik.  
  4. Kekuatan visual atau sedap bila dipandang, ini juga tergantung dari desain kemasan. Dengan memiliki konsep yang matang maka kemasan akan mudah didesain dengan memadukan Warna, Gambar, Tulisan serta layout yang tertata dengan baik. 
  5. Kemasan harus dapat menjadi media infomasi dan promosi dalam bagi pembeli guna mendongkrak penjualan. Penjelasan yang benar pada kemasan mengenai isi produk, membuat keyakinan dan kepercayaan pembeli yang kuat pada produk yang dibeli. Informasi yang benar dan akurat dari kemasan akan membuat si pembeli menyebarkan atau menyarankan kepada calon pembeli untuk segera memutuskan membeli produk yang disarankannya. Misalnya : Informasi makanan rasa madu. Begitu dicoba, rasa madu nya begitu kental dan terasa di lidah. Bukan cuma ada rasa - rasa madunya doank.
  6. Kekuatan dari bahan kemasan yang digunakan sehingga isi produk tidak mudah rusak pada saat ditumpuk atau dipindahkan (delivery)



Desain Yang Terdapat Dalam Kemasan
Pada saat membuat desain sebuah kemasan, perlu diperhatikan hal-hal berikut :
  1. Nama Produk biasanya merupakan kata kunci dari isi produk yang dapat dibuat dalam 1 atau 2 kata. Misalnya : Keripik Singkong, Bolu Panggang, Rumput Laut dan lain sebagainya.  
  2. Nama Perusahaan / Produsen / Brand ini agar produk mudah dikenali dari produk sebelumnya. Bila produk sebelumnya mendapat respon positif dari pembeli, maka untuk produk selanjutnya kemungkinan akan dibeli. 
  3. Logo, adalah sebuah gambar yang terbentuk dari singkatan nama brand atau perusahaan atau juga gabungan huruf dan gambar dari sebuah brand yang dapat mengidentifikasi persuahaan tersebut. Ada pembeli yang gampang mengingat bila membaca nama Perusahaan / Brand / Merk yang tertulis pada sebuah produk. Namun ada juga pembeli yang gampang mengingat dari gambar logo nya saja. Dengan melihat gambar pak tua "Harland Sanders" customer tahu itu pasti makanan cepat saji KFC. Atau angka 3 warna kuning yang tidur dalam kotak merah, itu adalah McDonald's 
  4. Alamat Perusahaan / Produsen, wajib dicantumkan
  5. Keterangan, ada beberapa jenis di antaranya
    • Komposisi bahan yang digunakan
    • Komposisi Berat 
    • Kadaluarsa
    • Kode bahan tambahan pangan (bila ada)
    • Kode Produksi
  6. Label Haram, ini dapat didaftarkan ke MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang menandakan bahwa bahan pangan dalam kemasan tidak mengandung bahan atau unsur pangan yang dilarang dikonsumsi oleh umat Islam. 
  7. Aksesories Kemasan, bagian ini juga sering menjadi daya tarik sebuah kemasan. Misalnya gambar-gambar hati (love) pada bagian kemasan yang kosong. Atau juga dapat berupa kata-kata atau slogan penyemangat. Seperti bagian belakang permen ditulis " Aku Selalu Setia".

Itulah hal-hal yang dapat dipertimbangkan, diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuat kemasan produk.



(dulunya dikenal dengan nama ICP Jatinegara)
Jl. Jatinegara Timur no 17
Jakarta Timur

Order online bisa via :
WA : 0818.0880.1207
Email : pgjatinegara@primagraphia.co.id









CARA DESAIN GRAFIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haloo bossqu, ditunggu comentnya ya