Mau Cari Apa Bossqu ?? Ketik Di sini Aja

Rabu, 13 Mei 2020

Cara Membuat Sticker Label / Sticker Kemasan, Modal Cuma 125 rupiah





Cara Membuat Sticker Label / Sticker Kemasan - Di zaman serba digital ini, banyak sekali kemudahan yang dapat diperoleh dalam menciptakan sebuah usaha creative dan sangat berguna dalam pengembangan sebuah bisnis. Salah satunya adalah menciptakan atau membuat  STICKER LABEL.



Sticker label atau kemasan ini juga dikenal orang dengan nama logo kemasan atau label produk. Selain kualitas dari barang yang dijual, seorang pengusaha juga harus memperhatikan kemasan produk serta sticker label yang menempel pada kemasan tersebut 

Berkembangnya berbagai usaha kecil dan menengah, telah membuat pelaku usaha harus memiliki nama brand yang mudah diingat orang dan gampang dicari. Sehingga pemilik usaha dapat menjaga konsumennya tidak pindah ke pesaing dan mendapat calon customer baru




Bayangkan bila seorang pengusaha makanan kotak tidak memiliki nama dagang dalam kemasan yang dijualnya, tidak bisa dipungkiri bila suatu waktu customer yang pernah membeli akan susah menemukan produk yang dicari bahkan bisa-bisa membeli di produk pesaing. Label dalam sebuah kemasan menjadi salah satu faktor penting yang menjadi tanda pengenal yang membedakan dengan produk kompetitor. 

CARA MEMBUAT FACE SHIELD KACAMATA

FUNGSI STICKER LABEL
Seperti yang telah dibahas sedikit di atas, sticker label pada sebuah kemasan mememiliki peran yang penting dalam mempengaruhi customer lama dan calon customer baru. Mereka lebih percaya kepada Anda bila segala sesuatunya jelas adanya. 

Adapun fungsi utama dari sticker label dalam sebuah kemasan adalah :
Alat Pengenal / Identitas dari sebuah Usaha dalam sistem pemasaran yang memiliki daya saing tinggi.
Alat yang menerangkan atau memberi petunjuk, cara bila pembeli melakukan pembelian pertama  bagi customer baru atau kedua dan seterusnya untuk customer lama.
Alat yang menjelaskan spesifikasi dari sebuah produk yang berguna sebagai bahan pertimbangan sebelum customer memutuskaan untuk membeli


FAKTOR YANG TERDAPAT DALAM STICKER LABEL
Ketentuan yang tercantum dalam sticker label ditentukan oleh pemilik usaha. Secara umum ada banyak yang bisa dicantumkan dalam sebuah sticker label, seperti : 

Nama Produk
Nama Usaha 
Alamat Usaha (Nama Jalan, Kota, Nomor Telepon, Nomor Whatsapp, Alamat Email dan Website bila ada)
Kode Produksi
Nomor Pendaftaran Usaha
Ijin Depkes
Berat Bersih dalam gr atau kg
Tanggal Kadaluarsa (untuk makanan)
Bahan baku yang digunakan
Cara penggunaan / penyajian
Cara penyimpanan
dan lain sebagainya

Untuk jenis usaha yang area pemasarannya terbatas dan tidak begitu luas, sticker labelnya cukup diisi dengan Nama produk, Nama Usaha, Alamat Usaha, Berat dan Tanggal Kadaluarsa



CARA MEMBUAT  STICKER LABEL

Membuat sticker label bagi sebagian orang adalah sangat mudah. Saat ini banyak sekali aplikasi digital yang dapat membuat sebuah logo / brand dengan baik hanya lewat hp android ataupun lewat design di laptop. Aplikasi yang dapat dipakai adalah : 


  • Canva yang memiliki banyak template produk yang siap dipakai / diedit sesuai dengan keiniginan.
  • Logo Maker & Creator Logo, disini banyak pilihan template dengan kualitas sederhana khusus buat pemula
  • Logo Maker For Free, disini banyak terdapat pilihan template yang digunakan dengan standar desain yang tinggi 
  • Logo Maker by Irish Studio, disini tools yang digunakan adalah photoshop, sehingga desain yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi. Hanya disayangkan, desainnya masih ada water mark atau tanda airnya. Tapi bila anda menggunakan yang berbayar maka tanda airnya bisa hilang
  • Dan masih banyak lainnya

Untuk mendapatkannya, bossqu dapat mendownloadnya melalui INTERNET. Search di google, banyak sekali aplikasi sejenis yang gratisan maupun berbayar. Play store di android juga tersedia banyak pilihan.


Dalam sebuah desain harus diperhatikan tata letak pengaturan Tulisan, Gambar, Warna, Ukuran yang pas. Untuk tools - tools tertentu, sangat diperlukan keahlian khusus yang tidak dimiliki sembarang orang. 

Kalau anda merasa susah menggunakan tools di atas, untuk menghemat waktu dan tenaga  langkah terakhir yang diambil dapat langsung menuju percetakan. Biasanya percetakan menyediakan jasa design label sticker dan produk lainnya.


TEMPAT CETAK STICKER LABEL

Salah satu tempat design / editing sticker label serta cetak dengan mesin terbaik di kelas percetakan, Anda dapat mengunjungi : 

(dulunya dikenal dengan nama ICP Jatinegara)
Jl. Jatinegara Timur no 17
Jakarta Timur

Order online bisa via :
WA : 0818.0880.1207
Email : pgjatinegara@primagraphia.co.id

Sticker label selain diprint / dicetak membutuhkan sebuah prose penting lainnya, yaitu di cutting. Proses cutting atau gunting sticker ini sangat rumit bila designnya berlekuk-lekuk dan jumlahnya banyak, sehingga dibutuhkan sebuah mesin khusus yang dapat mempercepat proses cutting. 

Mesin cutting sticker ada banyak macamnya. Ada yang khusus untuk ukuran A4, A3 hingga meteran. Mata pisaunya juga dibedakan atas cutting menggunakan mata pisau biasa dan laser. Jenis mesin yang digunakan juga bermacam-macam. Jenis mesin yang bagus tentu saja menghasilakan kualitas cutting yang bagus dan cepat.

CETAK STICKER METERAN

Hasil dari cutting sticker ini ada 2 macam yaitu :
Die Cut, Sticker dicutting putus menjadi bagian-bagian kecil dari sebuah lembaran A3 / meteran sticker. 
Kiss Cut, Sticker dicutting tapi masih menempel pada lembaran sticker A3. Model cutting ini sangat disenangi oleh customer karena sticker tidak mudah tercecer dan hilang.

Di Percetakan PrimaGraphia Jatinegara, sekarang sedang mengadakan diskon promo cutting dengan menggunakan mesin mimaki dengan hasil Kisscut. Promonya dapat dilihat di bawah ini, yaitu : Ongkos Cutting cuma Rp. 3.000/lembar di luar ongkos cetak sticker.



ANALISA BIAYA CETAK STICKER LABEL

Berapa modal yang dikeluarkan untuk membuat sticker label ?? Kebanyakan orang merasa kalau sudah membuat label di kemasannya, maka keuntungan yang diperoleh akan berkurang. 

Padahal keuntungan yang didapatkan tentunya akan lebih banyak karena jumlah penjualannya akan meningkat, sedangkan biaya yang dikeluarkan sangat minim. Produknya akan lebih dikenal orang dan memungkinkan adanya pembelian kedua, ketiga dan seterusnya. 

Nah biaya yang dikeluarkan tergantung dari : 

  1. Besar Kecil (Ukuran) sticker yang hendak dicetak 
  2. Jumlah sticker yang hendak dicetak
  3. Jenis sticker
Misalnya : 
Kita hendak mencetak sticker label ukuran 4 x 3 cm, maka kita terlebih dahulu menyediakan design sticker 1 buah.


Design sticker ini akan dimasukkan dalam selembar sticker ukuran A3. Seperti terlihat pada gambar di atas, diperoleh sticker sebanyak : 8 x 9 = 72 sticker.

Biayanya bila bossqu cetak di atas sticker chromo adalah :

Sticker / lembar = Rp. 6.000,-
Cutting / lembar = Rp. 3.000,-
Total / lembar = Rp. 9.000,-

Bila dihitung dalam 1 buah sticker, maka 

= Rp. 9.000 : 72 pc sticker
= Rp. 125 / sticker

Murah banget.... 
Bila bossqu cetak di atas 10 atau 100 lembar A3 maka akan ada pengurangan biaya beli sticker / lembarnya yang jauh lebih murah.





JENIS STICKER A3

Ada banyak jenis sticker A3 yang bisa didapatkan di PRIMAGRAPHIA JATINEGARA yaitu : 

  1. Sticker Chromo
  2. Sticker HVS
  3. Sticker Vinyl Glossy
  4. Sticker Vinyl Matte
  5. Sticker Transparan
  6. Sticker Metalize
  7. Sticker Gold
Kegunaaan sticker ini juga berbeda-beda, tergantung dari media tempat ditempelkan. Untuk sticker Chromo dan HVS sangat baik untuk produk yang fisiknya kering seperti keripik, kue, makanan kotak dan lain- lain. Sticker Vinyl dapat ditempatkan di fisik barang yang kering maupun basah, karena sifat sticker vinyl ada water proofing (anti air).

Yuk yang mau cetak sticker label bisa ke PERCETAKAN STICKER TERDEKAT . Percetakan PrimaGraphia Jatinegara dikenal dengan motto "Print Everything). Buka setiap hari jam 09.00 - 17.00 wib (Hari Minggu / Tanggal Merah Libur). Bossqu juga dapat melakukan order via email atau WA tanpa harus datang ke toko.



(dulunya dikenal dengan nama ICP Jatinegara)
Jl. Jatinegara Timur no 17
Jakarta Timur

Order online bisa via :
WA : 0818.0880.1207
Email : pgjatinegara@primagraphia.co.id



3 komentar:

Haloo bossqu, ditunggu comentnya ya