Mau Cari Apa Bossqu ?? Ketik Di sini Aja

Minggu, 05 Juli 2020

CETAK KEMASAN PRODUK FULL PRINT



CETAK KEMASAN PRODUK FULL PRINT. Berkembangnya teknologi digital dalam dunia percetakan menciptakan peluang bagi industri kecil dan menengah untuk menciptakan kemasan yang baik. Teknologi menciptakan Mesin Cetak Kemasan Produk dengan harga produksi yang murah.  Dengan adanya digital printing, maka industri ini dapat membuat kemasan - kemasan produk dalam jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan bila mereka memesan di pabrik. 




Didukung dengan semakin maraknya usaha online, maka tak heran orang-orang seakan berlomba mencari Jasa Cetak Kemasan Produk untuk membuat kemasan / packaging sebaik mungkin. Tentu saja dengan tetap menjaga kualitas barang yang dijual. Tak ubahnya seperti barang elektronik, bila chasingnya bagus akan menambah daya jual produk tersebut.


Baca Juga : 

Salah satu percetakan murah di Jatinegara - Jakarta Timur yaitu PrimaGraphia Jatinegara telah banyak melayani UKM dalam pembuatan kemasan produk. PrimaGraphia Jatinegara terletak di jalan Jatinegara Timur no 17, Jakarta Timur. Bila sudah ada desain, boleh order online ke WA 0818.0880.1207 dengan mengirimkan file dalam format PDF atau Corel. Atau juga dapat mengirimkannya ke email : pgjatinegara@primagraphia.co.id



Percetakan PrimaGraphia Jatinegara


PENGERTIAN KEMASAN

Pada dasarnya kemasan itu dibuat untuk melindungi produk yang terdapat di dalamnya dari debu, kotoran, cuaca, gesekan atau benturan dari benda-benda lainnya, sehingga produk tidak mengalami perubahan fisik. Bila melihat dari fungsi awalnya, produsen belum memikirkan fungsi lain dari kemasan produk yang dimilikinya. 

Kemasan atau packaging yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan ekuitas merek dan mendorong penjualan. Kemasan produk merupakan hal pertama produk yang dilihat oleh pembeli. Kemasan memiliki daya untuk menarik atau menyingkirkan pembeli kompetitor. Yang dapat juga merebut minat konsumen terhadap pembelian barang. Sehingga kemasan perlu diciptakan dengan kesan yang baik mengenai produknya. Kemasan yang unik akan menciptakan keunggulan  yang berbeda dengan produsen lain yang memproduksi produk-produk sejenis dalam pasar yang sama.




FUNGSI KEMASAN

Produsen yang mengerti betapa pentingnya sebuah kemasan produk akan lebih banyak mengeluarkan waktu dan anggaran dalam merancang sebuah kemasan. Bahkan bisa melalui rangkaian eksperimen, cetak ulang terus -menerus hingga ditemukan kemasan yang cocok dengan selera pasar serta mengundang pembeli baru. 

Tentu saja eksperimen ini harus dilakukan oleh tenaga-tenaga penjualannya melalui survey atau komunikasi langsung dengan distributor, reseller, pedagang serta konsumen. Untuk perusahaan besar, mereka lebih sering menggunakan lembaga-lembaga survey yang memiliki jumlah surveyor yang handal, sehingga hasil yang diperoleh lebih cepat dan akurat dalam menaikkan omset penjulan. 


Cara Cutting Sticker Kemasan

Anggaran kemasan merupakan salah satu variabel biaya yang dikeluarkan oleh produsen. Biasanya dibebankan ke harga jual yang harus dibayar oleh pembeli. Maka tak heran jika banyak produk di pasar dengan kemasan yang keren, harga jual tinggi, namun banyak dibeli orang, padahal produknya tidak jauh berbeda dari produk sejenis yang dihasilkan oleh produsen lain.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah kemasan yang memiliki fungsi khusus dalam meningkatkan penjualan yaitu :
  1. Fungsi Utama Sebagai Pelindung Produk
    • Seperti dijelaskan di atas, awal mulanya dibuat kemasan adalah untuk melindungi produk dari debu, kotoran, cuaca, gesekan ataupun benturan yang dapat merusak produk.
    • Pembuatan kemasan yang sesuai dengan bentuk atau susunan produk di dalamnya, tentu saja akan menghemat bahan atau ongkos produksi. Terkadang kita menemui produk kecil dengan kemasan yang jauh lebih besar sehingga membuat harga jual tinggi. Ada baiknya menggabungkan produk yang kecil bukan dalam hitungan satuan melainkan lusinan sehingga kemasan yang besar seimbang dengan harga jual ke pembeli.
  2. Kemasan adalah investasi
    • Kemasan yang baik adalah sebuah investasi jangka panjang. Customer akan melakukan pembelian berulang dan menjadi loyal terhadap produk tersebut. Bahkan sering menjadi bagian dari penjualan yang baik, dimana si pembeli akan lebih merekomndasikan produk tersebut kepada orang lain
  3. Kemasan adalah identitas
    • Kemasan menunjukkan identitas dari produsen yang menciptakan produk. Pembeli akan gampang mengingat nama produk yang dibeli, lokasinya dimana, siapa produsennya dan produk lainnya yang dimiliki oleh produsen.
  4. Kemasan adalah media komunikasi
    • Untuk menyambung komunikasi antara pembeli dan produsen, biasanya dalam kemasan yang baik tertera alamat, nomor telepon dan email dari produsen. Ini adalah media komunikasi yang diberikan agar si pembeli dapat dengan mudah menyampaikan apresiasi dari produk yang dibeli. Biasanya disampaikan dalam bentuk surat tertulis, Email customer care, WhatsApp, Telegram dan lain sebagainya.
  5. Kemasan adalah media pendidikan
    • Sering sekali kita menemui dalam kemasan mengenai petunjuk untuk membuang kemasan ke tempat sampah setelah produknya dipakai / dimakan / diminum. Ini adalah contoh media pendidikan yang mendorong / mengingatkan  pembeli berbuat yang benar guna menjaga pencemaran lingkungan.


HARGA KEMASAN PRODUK

Banyak hal yang diperhatikan dalam pembuatan sebuah kemasan. Mengingat harga pembuatan kemasan akan dibebankan kepada customer yang membeli. Adapun hal hal yang harus diperhatikan untuk mentukan Harga Cetak Kemasan Produk adalah : 


  1. Ukuran Kemasan, Semakin Kecil Biayanya Semakin Murah
  2. Bahan Kemasan, Bahan Standard yang Kuat Lebih Murah daripada Bahan Premium 
  3. Jumlah Kemasan, Cetak Banyak lebih Murah  daripada Cetak Sedikit
  4. Desain Kemasan, Desain yang sederhana akan menghemat waktu mendesain, bahan yang digunakan dan Ongkos Produksi.
PrimaGraphia Jatinegara melayani pembuatan kemasan produk mulai tanpa minimal. Pembuatan sebuah kemasan dimulai dari proses :
  1. Desain Kemasan
  2. Print Lembaran Kemasan
  3. Cutting Lembaran Kemasan
Pada saat desain, kemasan dibuat dalam posisi terbuka. Seperti pada gambar di bawah ini :


Setelah didesain polanya, desain dimasukkan ke dalam kertas A3 (30 x 45 cm) atau B2 (50 x70 cm). Dalam 1 lembaran A3 dan B2 bisa memuat 1 pc atau beberapa pc desain kemasan terbuka disesuaikan dengan ukuran dari desain. 

Contohnya pada kertas B2 di bawah ini, desain kemasan dapat dimasukkan 4 desain kemasan dalam 1 lembar. 


Nah bila ingin membuat 100 kemasan full print 1 sisi, maka diperlukan 25 lembar kertas ukuran B2. Mudah kan..

Price List Kemasan 
dengan Bahan Ukuran A3 (30 x 45cm)


Price List Kemasan
dengan Ukuran Bahan B2 (50 x 70 cm)


(dulunya dikenal dengan nama ICP Jatinegara)
Jl. Jatinegara Timur no 17
Jakarta Timur

Order online bisa via :
WA : 0818.0880.1207
Email : pgjatinegara@primagraphia.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haloo bossqu, ditunggu comentnya ya