Mau Cari Apa Bossqu ?? Ketik Di sini Aja

Senin, 13 Juli 2020

PENTINGNYA DESAIN PRODUK DAN JASA AGAR MENARIK BAGI PERUSAHAAN


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mendesain  kemasan
Desain produk adalah hal yang sangat penting bagi sebuah usaha, baik itu UKM maupun perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang ataupun jasa.

Apa alasan pentingnya desain produk terhadap kemajuan sebuah perusahaan ? Desain produk berisikan ide dan konsep dari sebuah produk yang akan ditawarkan kepada para pelanggan lama maupun baru. Pada dasarnya perusahaan selalu mencari ide-ide baru dari produk yang dijual. 



Desain Produk Kemasan 

Pada saat sebuah produk dan jasa sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengemas produk tersebut sehingga menarik perhatian dan laku di pasar. Ada banyak hal yang harus diperhatikan yaitu dari bentuk kemasan, fungsi kemasan dan desain kemasan produk yang menarik.


Baca juga : 

Ide - ide baru dapat diperoleh dari analisa produk, survey ataupun komentar dan masukan dari pelanggan, distributor, tenaga penjual yang akan diramu oleh pemilik perusahaan atau pihak managemen menjadi konsep dalam menciptakan desain produk dan jasa.

Dalam usaha atau perusahaan besar, mereka tentu sudah memiliki para desainer handal yang setiap harinya bergulat dengan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menciptakan desain-desain produk baru.  Pentingnya desain produk sebagai image dari perusahaan harus selalu dikedepankan. Itulah alasan mereka harus memiliki para desainer handal.

Para desainer ini juga harus mampu menggabungkan kemampuan intelektual mereka dalam mendesain. Dalam dunia desain grafis ada banyak program yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain. Cara desain produk dengan corel sangat sering digunakan oleh desainer. Bagaimana menggabungkan huruf, angka, gambar, tulisan, warna menjadi satu kesatuan yang utuh.

Cara Branding Kemasan yang Keren

Ada juga yang menggunakan cara desain produk kemasan dengan photoshop yang juga umum digunakan dalam membuat sebuah desain. Ini tergantung dari keahlian desainernya masing-masing.

Bila perusahaan mampu membiayai desainer handal, bagaimana dengan para UKM dan start up yang masih belum memiliki biaya untuk mendatangkan desainer. Tidak usah khawatir, temukan saja ide dan konsep kemasannya dan buat desainnya di percetakan. 

Salah satu percetakan murah di jatinegara yang melayani desain sekaligus cetak adalah Percetakan PrimaGraphia Jatinegara, dengan harga yang terjangkau. Bagian desain percetakan ini sangat familiar dengan berbagai program desain grafis, seperti photoshop, coreldraw, auto cat, AI dan lain sebagainya. Lokasinya dapat dilihat di bawah ini : 


(dulunya dikenal dengan nama ICP Jatinegara)
Jl. Jatinegara Timur no 17
Jakarta Timur

Order online bisa via :
WA : 0818.0880.1207
Email : pgjatinegara@primagraphia.co.id


 
Pentingnya desain kemasan produk ini juga sama pentingnya dalam menentukan siklus biaya hidup atau lebih dikenal dengan ongkos produksi. Desain yang rumit dan mewah harus disesuaikan dengan profit produk yang dijual. Namun sering sekali terjadi, desain sederhana lebih diterima oleh customer dan penjualannya meningkat. 





TUJUAN DESAIN PRODUK

Adanya kemajuan teknologi dan budaya membuat pola dan gaya hidup menjadi berubah. Agar dinamis, sebuah usaha atau bisnis produk dan jasa harus mengikuti jaman yang sedang berkembang. Sulit membuat sebuah produk stabil terus penjualannya bila tidak dilakukan modifikasi atau pun terobosan - terobosan baru yang mengikuti zaman. 

Misalnya produk coca cola selalu berganti ganti botol yang mudah dipegang oleh customernya dan plastik pembungkus botolnya selalu berubah - ubah disesuaikan dan diciptakan dengan menggunakan teknologi terbaru yang desainnya digemari oleh anak - anak milinial.\


Dibutuhkan kreatifitas dan upaya dalam menciptakan kemasan yang menarik perhatian

Desain Botol Coca Cola Edisi Bunga

Desain Grafis Produk Makanan lebih banyak variannya dan cepat berubahnya. Pada dasarnya sebuah produk atau jasa memiliki daur hidup atau siklus hidup yang naik turun. 

Para analis produk dapat segera menyarankan kepada managemen apabila di temukan satu atau 2 produk atau layanan jasanya jalan di tempat. Atau grafik penjualannya tidak naik, cenderung tetap atau bahkan turun. Maka kalo dibiarkan terus, akan menyebabkan kerugian besar pada usaha atau perusahaan tersebut. 

Munculnya pesaing atau kompetitor di bidang usaha sejenis yang diproduksi, maka pengusaha akan berusaha mengemas produknya lebih unik daripada yang lainnya. Keunggulan lainnya, tentu bisa juga disesuaikan dengan harga jual, kualitas produk dan kemudahan lainnya yang bisa didapatkan oleh customer agar selalu loyal membeli atau menggunakan produk tersebut.

Tujuan perusahaan membuat sebuah desain kemasan produk yang menarik tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Bagaimana kemasan produk tersebut dapat diterima oleh para pelanggan. 

Pentingnya Sticker Label 
bagi Penjualan Produk


Bila kita rangkum, maka ada beberapa tujuan dari pembuatan sebuah desain produk barang dan jasa, yaitu :
  1.  Untuk mengetahui apakah produk tersebut sudah layak dengan keiniginan customer atau masih perlu direvisi lagi. Perlu diingat, pembuatan desain kemasan jarang bisa 1 kali saja, bisa berulang-ulang sehingga membuat produk yang dijual lebih dinamis.
  2. Mendapatkan produk yang trend dan mudah dikenal oleh pelanggan yang dapat juga digunakan sebagai desain produk baru lainnya yang tinggal dimodifikasi sedikit sesuai dengan produk baru tersebut.
  3. Memilih dan mengetahui metode mana yang paling cocok dalam pembuatan kemasan. Apakah ide dan konsep yang dituangkan dalam sebuah desain sudah benar dan tepat. Bila belum, maka harus menggunakan metode yang lainnya.
  4. Menghitung biaya desain yang merupakan biaya produksi sebelum menentukan harga jual. Bila kemahalan, maka kemasannya harus dibuat lebih sederhana dan dengan budget tanpa mengurangi nilai jual produk atau jasa tersebut.
  5. Untuk menentukan standarisasi desain kemasan produk dan jasa untuk produk selanjutnya.
  6. Mendapatkan produk yang berkualitas yang didominasi oleh kekuatan desain kemasannya.
Cara Desain Masker

 

PRINSIP DESAIN KEMASAN PRODUK

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah desain, diantaranya adalah :
  1. Keseimbangan antara warna, tulisan dan gambar. Besar kecilnya harus indah bila dipandang mata dan kelihatan bagian mana yang ditonjolkan untuk pertama kali dibaca / dilihat orang.
  2. Keterkaitan antara jenis huruf, tulisan, warna dan gambar yang menunjukkan isi kemasan atau produk yang dijual.
  3. Keteraturan dalam penyusunan tulisan, huruf, gambar maupun warna.
  4. Pengulangan gambar atau tulisan dalam sebuah kemasan agar  orang cepat dan mudah mengingat produk yang dijual. Misalnya Orang lebih mudah mengingat tulisan KFC daripada kakek tua yang menghiasi kemasannya.
  5. Kesesuaian warna desain menggambarkan produk yang dijual. Misalnya warna biru menunjukkan ketenangan, warna merah menunjukkan semangat dan stamina yang berkobar.  
Demikian sekilas Pentingnya Desain Produk dan Jasa agar menarik bagi perusahaan.  



Peluang Bisnis di Masa Pandemi



1 komentar:

Haloo bossqu, ditunggu comentnya ya